top of page
  • kakakabuyah

Makanan Medan Paling Populer

Updated: Apr 9, 2019

Indonesia terdiri dari berbagai macam kelompok etnis. Jika kita melihat ke arah barat tepatnya di Sumatera Utara yang terdiri dari berbagai suku. Keragaman etnis megaXXI ini adalah salah satu jenis makanan yang berkontribusi di Sumatera Utara. Sumatera Utara terkenal dengan keajaiban pesona alam yang memikat hati para wisatawan, salah satunya adalah hamparan indah Danau Toba yang memberikan kepuasan kepada wisatawan, selain itu dunia kuliner tanah Batak sangat terkenal. Berikut ini adalah spesialisasi Medan yang paling populer:



Sambal Tuktuk



Bahan utama sambal tuktuk umumnya tidak berbeda dengan sambal lainnya, yang terdiri dari cabai, tomat, bawang merah. Yang membedakan sambal tuktuk adalah bahan tambahan berupa ikan aso-aso. Ikan Aso-aso adalah jenis ikan tenggiri yang telah dikeringkan atau dikenal sebagai ikan asin. Untuk menambah sensasi aroma yang unik, ikan Aso-aso sebelum ditumbuk terlebih dahulu membakar sedikit sampai aromanya keluar. Setelah itu, siap dihaluskan dengan bahan-bahan lainnya. Saus tuktuk ini akan terasa lebih sensasi bila dinikmati bersama daun pepaya rebus.





Dengke Mas na Niura


Arti Dengke Mas na Niura dalam bahasa batak adalah ikan mas yang tidak dimasak. Ikan Dengke Mas na Niura hanya disajikan dengan bumbu lengkap tanpa proses memasak. Awalnya makanan hanya dimakan oleh raja-raja, tetapi karena makanan yang baik ini, orang-orang Batak mengambil bagian dalam memasak dan menikmati Dengke Mas na Niura. Rempah-rempah lengkap yang memberikan rasa lezat untuk hidangan ini yang terdiri dari asam jungga, kecombrang, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, kemiri, cabai rawit, serai, bawang, bawang putih, garam. Namun, bahkan tanpa proses memasak Dengke Mas na Niura, itu tidak menghasilkan bau amis karena direndam dengan menggunakan asam jungga selama 2 jam. Selain itu, Dengke Mas na Niura disajikan tanpa duri, sehingga memudahkan penggemar untuk menikmati makanan ini.



Mie Gomak



Gomak berarti dalam bahasa Batak yang menggenggam. Asal mula penetapan mie gomak adalah dari cara mie diparut, yang harus digenggam dengan tangan. Mie gomak juga disebut spageti seperti batak. Bahan utama mie gomak adalah mie lengket. Mie Gomak disajikan dalam dua versi, mie gomak kuah dan mie gomak goreng. Bumbu untuk membuat mie gomak, yaitu cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, kemiri, lada, garam, dan udang ebi. Untuk mie gomak, ditambahkan saus kuning yang mengandung sayuran, biasanya menggunakan labu siam atau sawi.



Gulai Daun Ubi


Kami biasanya menemukan hidangan daun singkong hanya direbus seperti sayuran segar yang dapat kita temukan di RM Padang, yang berbeda dari yang ini, yang dimulai. Sesuai dengan nama hidangan ini, pengolahan kari daun ubi jalar tumbuk diolah menggunakan santan, dan sebelum dimasak terlebih dahulu bahan utamanya adalah daun ubi jalar yang ditumbuk hingga terlihat halus. Tumbukan daun ubi jalar biasanya menggunakan lesung. Tumbukan daun singkong sebaiknya tidak lama agar aromanya tetap harum dan tidak berbau. Tumbukan daun singkong memberi warna hijau pada saus kari. Sarana yang digunakan adalah daun singkong, santan, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, lengkuas, garam, bunga kecombarang, tekokak, serai, dan biasanya ditambahkan teri teri. Kari daun ubi jalar tumbuk akan terasa lebih enak bila dinikmati bersama tuktuk sambal.



Bika Ambon



Sepintas, jika kita melihatnya dari namanya, kita harus membayangkan bahwa makanan ini berasal dari Ambon. Bika Ambon adalah modifikasi dari Bika atau Bingka dari bahasa Melayu dengan penambahan bahan pengembang dalam bentuk getah sehingga berongga. Asal mula nama Bika Ambon adalah karena itu pertama kali Bika Ambon dikembangkan dan populer dengan lokasi penjualan di Jl. Ambon-Sei Kera Medan. Bahan baku pembuatan Bika Ambon terdiri dari tepung sagu, telur, gula, dan santan. Bika Ambon terdiri dari berbagai rasa seperti pandan, keju, cokelat, dan durian. Bika Ambon menjadi oleh-oleh wisatawan yang mengunjungi kota Medan.



Itak Gurgur atau Itak Pohul-pohul


Bebek gurgur adalah banyak makanan yang disajikan di restoran di tanah Batak. Bebek gurgur ini juga sering digunakan sebagai persembahan bagi arwah leluhur. Kata gurgur dalam bahasa Batak berarti mendidih. Sepintas, pasti kita berpikir bahwa metode memasaknya sudah matang, tetapi ternyata tidak. Disebut bebek gurgur karena diharapkan orang yang menikmati bebek gurgur akan memiliki semangat mendidih dalam menikmatinya.


Bahan untuk membuat bebek gurgur cukup sederhana, yaitu tepung beras, kelapa muda parut, dan gula pasir. Selain bahan-bahan sederhana, proses presentasi juga sederhana hanya mencampur semua bahan. Berbeda dengan jenis makanan lain yang memiliki bentuk dan ukuran yang cenderung sama.




5 views0 comments
bottom of page